Sabtu, 18 November 2017   |   Ahad, 28 Shafar 1439 H
33
Anda pengunjung ke
Sejak 01 Muharam 1428
( 20 Januari 2007 )
IMAGE GALLERY
AGENDA

 

RESENSI BUKU

15 Oktober 2016

Ornamen Sebuah Pengantar



Judul Buku
:
Ornamen Sebuah Pengantar
Editor
:
Guntur
Penerbit:
P2AI STSI Surakarta
Cetakan
:
Pertama, 2003
Tebal
:
vi + 182 Halaman
Ukuran
:20,5 cm x 15 cm.

Ornamen pada dasarnya merupakan seni hias yang teleh melalui berbagai proses bagi kepentingan estetik maupun artistik dari suatu benda yang dikreasikan. Ornamen pada hakikatnya terdiri dari dua jenis, yaitu ornamen organis atau yang bersumber pada fenomena alam yang hidup dan ornamen inorganis yaitu ornamen yang bersumber pada fenomena alam yang tidak hidup.

Untuk menjaelskan lebih jauh mengenai ornamen, buku ini mengupas semua aspek dalam ornament, mulai dari pengertian, jenis dan sifat ornamen, ornamen sebagai kebudayaan dan seni, fungsi ornamen, ragam dan motif, gaya dalam ornamen, elemen-elemen pembentuk ornamen, komposisi, gramatika, dan lain sebagainya.

Sifat atau kualitas ornamen terus berubah dari masa ke masa. Pada masa prasejarah gaya ornamen sangat sederhana, hal tersebut dikarenakan ornamen dianggap imitasi atau peniruan dari fenomena alam yang tampak seperti garis lurus horizontal, vertical, dan garis lurus diagonal. Sedangkan geris lengkung, lingkaran, zig-zag, persegi, dan lain-lain merupakan abstraksi fundamental fenomena alam.

Pada dasarnya, ornamen dikreasikan berdasarkan pikiran, keinginan, kehendak, dan lain-lain sebagai ekspresi seni dan kebudayaan melalui elemen-elemen pembentuknya. Sebagai upaya memperindah, ornamen hadir dalam serangkaian susunan moif dan pola. Rangkaian motif dan pola dalam suatu bidang membentuk hiasan-hiasan tertentu yang sangat bervariasi tampilannya. (h.94)

Munculnya ornamen juga didasari oleh keinginan manusia untuk memperindah apa yang ada disekitarnya baik berupa benda, tempat tingga, atau yang lainnya. Atau bahkan untuk memperindah badan/tubuh mereka. Buku ini juga memuat berbagai gambar contoh, contoh ornamen menurut jenis, bentuk, dan polanya.

Buku ini sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan atau penelitian mengenai ornamen. Selain sebagai referensi, buku ini dapat juga dijadikan bahan acuan dalam kajian atau untuk melakukan penelitian mengenai ornamen secara lebih mendalam.

(Oki Koto/Res/118/9-2016)

 

Dibaca : 766 kali.