Wednesday, 1 October 2014   |   Wednesday, 6 Dzulhijah 1435 H
Online Visitors : 1.679
Today : 11.199
Yesterday : 22.967
Last week : 241.277
Last month : 802.699
You are visitor number 97.178.320
Since 01 Muharam 1428
( January 20, 2007 )
AGENDA
  • No data available

 

News

14 juni 2013 01:53

Duta Kesenian Empat Negara Meriahkan PKB

Duta Kesenian Empat Negara Meriahkan PKB
Ilustrasi

Denpasar, Bali - Duta kesenian dari empat negara asing akan turut memeriahkan pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 Juni 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika, di Denpasar, Rabu mengatakan empat negara yang menyatakan ikut memeriahkan PKB yakni India, Timor Leste, Jepang dan Amerika.

"Khusus untuk Timor Leste, menjadi keikutsertaannya perdana pada ajang akbar kesenian tahunan kita ini," ujarnya.

Tidak hanya tampil secara mandiri membawakan keseniannya, perwakilan negara asing itu juga akan berkolaborasi dengan para seniman Bali dalam berbagai pagelaran yang akan digelar sebulan penuh dari 15 Juni-13 Juli 2013 di Taman Budaya, Denpasar.

Ia menambahkan nanti pawai PKB ke-35 akan digelar di seputaran jalan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar dengan melibatkan sekitar 15 ribu seniman dari Bali, perwakilan provinsi lain di Tanah Air, dan duta kesenian asing.

Iring-iringan pawai akan berjalan kaki dengan kesenian Adi Merdangga yang akan mengawali pawai. Adi Merdangga dibawakan oleh siswa-siswi SMKN 5 Denpasar dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

"Pawai akan dimulai pada pukul 14.00 Wita dan akan berlangsung sekitar 2,5 jam. Yang unik pada pawai ini juga menampilkan salah satu sesajen yang dinamakan `jaja sarad` setinggi tujuh meter," katanya.

Intinya, ujar dia, pawai yang ditampilkan oleh duta kesenian kabupaten/kota tidak akan terlepas dari tema "Taksu, Membangkitkan Daya Kreativitas dan Jati Diri" yang sudah ditentukan. Pada pawai juga akan turut hadir tujuh menteri yang mendampingi presiden.

Pada malam harinya usai pelepasan pawai, PKB akan dibuka secara resmi oleh Presiden SBY di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar. Pembukaan PKB akan dihadiri pula oleh delegasi peserta "World Hindu Summit"

"Pembukaan PKB juga diisi penampilan maskot Provinsi Bali Tari Dwipa Jaya dan oratorium Garuda Digjaya Mahambara. Oratorium dipentaskan oleh ISI Denpasar," ujar Suastika.

Sumber: http://www.antaranews.com


Read : 319 time(s).

Write your comment !