Thursday, 23 October 2014   |   Thursday, 28 Dzulhijah 1435 H
Online Visitors : 1.718
Today : 12.080
Yesterday : 23.762
Last week : 160.551
Last month : 802.699
You are visitor number 97.261.549
Since 01 Muharam 1428
( January 20, 2007 )
AGENDA
  • No data available

 

News

06 juni 2009 01:43

Tanjungpinang Miliki Vihara Terbesar di Asia Tenggara

Tanjungpinang Miliki Vihara Terbesar di Asia Tenggara

Tanjungpinang, Kep. Riau - Menteri Agama (Menag) RI, M Maftuh Basyuni, menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada Yayasan Maitri Paramita serta umat Buddha di Kepri yang telah membangun vihara yang megah, saat meresmikan Vihara Avaloketisvara Graha Tanjungpinang, Rabu (3/6). Selain itu, Menag mengingatkan semua pihak untuk menyatukan langkah dan menjalin kebersamaan. Tujuannya untuk membangun bangsa Indonesia demi kesejahteraan seluruh masyarakat. Ini bisa dilakukan karena vihara selain sebagai tempat ibadah, juga pusat pengembangan kualitas umat dan pemberdayaan ekonomi umat.

”Ini vihara terbesar di Asia Tenggara, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” kata M Maftuh Basyuni dalam sambutannya. Sebelumnya Gubkepri, Ismeth Abdullah, dalam sambutannya menekankan pentingnya untuk menanamkan rasa persaudaraan dan tolong menolong dalam membangun Provinsi Kepri. Yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tetap memiliki akhlak mulia. Vihara ini menjadi kebanggaan umat Buddha dan Kepri serta Indonesia. Dia berharap, usai peresmian di vihara ini dapat dilakukan berbagai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sedangkan Ketua Perwalian Umat Buddha Indonesia (Walubi) Pusat, Hartati Murdaya berharap vihara ini bisa menjadi sumber inspirasi dan terpelihara sebagai tempat yang suci. Dia juga mengapresiasi Hengky Suryawan dan umat Buddha yang sudah membangun vihara, yang dinilainya sebagai perbuatan yang mulia.

Hadir dalam peresmian vihara ini, Wagub Kepri HM Sani, Wako Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan dan Muspida di Kepri serta Tanjungpinang. Termasuk, Ketua DPRD Tanjungpinang dan anggota DPRD Kepri serta tokoh-tokoh agama Buddha dan tokoh masyarakat. Di samping ribuan umat Buddha lainnya yang datang dari Tanjungpinang, Kepri dan luar negeri.

Patung Dewi Kwan Im Tertinggi Se-Indonesia

Usai diresmikan, Ketua Yayasan Maitri Paramita, Hengky Suryawan, menerima sertifikat dari pengurus Museum Rekor dunia Indonesia (MURI) yang datang ke Tanjungpinang. Sertifikat tersebut sekaligus pengakuan bahwa di tempat ini terdapat patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia. Patung yang dari tembaga yang berlapis emas 24 karat sekitar 20 kilogram itu yang menghadap ke timur itu tingginya sekitar 16,8 dengan berat sekitar 14 ton.

Hengky Suryawan mengatakan, patung ini juga sudah didaftarkan sebagai yang tertinggi di Asia, karena dalam posisi tersebut memang yang paling tinggi. Untuk patung itu saja dananya sekitar Rp4 miliar. Secara keseluruhan vihara itu sudah menelan dana sekitar Rp35 miliar dan masih belum selesai.  Dana itu berasal dari donatur di dalam dan luar negeri serta dari semua agama.

”Ini pengabdian dan amanah dari Yang Maha Kuasa kepada saya untuk membangun tempat ibadah ini,” ujar Hengky. Ke depan, ujar Hengky, pembangunan vihara masih terus berlanjut. Dia pun dengan senang hati akan menerima sumbangan dari donatur. Kelanjutan pembangunan vihara disampaikan juga oleh Sekretaris Yayasan Maitri Paramita, Selamat Budiman. ”Yang namanya pengabdian kepada masyarakat tidak akan pernah berhenti. Begitu juga dengan pembangunan vihara ini,” ucapnya. (git)

Sumber: http://batampos.co.id
Kredit Foto: http://www.republika.co.id


Read : 2.435 time(s).

Write your comment !