Friday, 19 September 2014   |   Friday, 24 Dzulqaidah 1435 H
Online Visitors : 483
Today : 573
Yesterday : 16.442
Last week : 230.267
Last month : 677.761
You are visitor number 97.134.367
Since 01 Muharam 1428
( January 20, 2007 )
AGENDA
  • No data available

 

News

02 april 2007 00:07

Pembangunan Istana Sayap Pelalawan Sudah Rampung

Pembangunan Istana Sayap Pelalawan Sudah Rampung
















Proses pembangunan kembali Istana Sayap Pelalawan yang didanai PT Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) sejak tahun 2003 silam akhirnya dapat dirampungkan. Bangunan yang terletak di Desa Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, persis di situs sejarah Kesultanan Pelalawan berjarak 30 Km dari ibukota Pangkalankerinci ini merupakan sumbangan kebudayaan perusahaan  bagi masyarakat Pelalawan guna mengenangkan kembali sejarah dan pewarisan nilai kebudayaan bagi generasi kini. Diperkirakan, dalam waktu dekat, bangunan Istana Sayap ini akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Sehubungan itu, Selasa pagi (27/3) Kadis Pariwisata Pelalawan, Ir T Ubaidillah, Ketua Lembaga Kerapatan adapt Melayu (LKAM) Pelalawan, Ir T Edy Sabli, Pemuka Masyarakat, HT Syaheran bersama Deputi Direktur Riaupulp, Ir Fakhrunnas MA Jabbar didampinhgi Deputi Manajer SSL, H Fadil Harahap dan jajaran manajemen lainnya serta aparat pemerintahan lainnya melakukan peninjauan langsung di lokasi bangunan Istana Sayap Pelalawan. Bangunan istana tersebut terletak di atas lahan seluas 2 hektare yang  terdiri atas bangunan istana utama didampingi 2 bangunan sayap, mushalla, bangunan genset dan toilet.

Kadis Pariwisata Pelalawan, T Ubaidillah dalam kunjungan itu kepada pers mengatakan bangunan Istana Sayap yang disumbangkan Riaupulp ini sangat besar maknanya bagi masyarakat Pelalawan. “Adanya bangunan Istana Sayap ini, selain dapat mengembalikan kenangan sejarah para orangtua di daerah ini tentang kejayaan masa Kesultanan Pelalawan juga menjadi salah satu obyek wisata utama bagi Kabupaten Pelalawan,” kata Ubaidillah.

Menurut Ubaidillah, Bupati Pelalawan yang sudah mencanangkan tahun 2007 ini sebagai Tahun Pendidikan dan Pariwisata sudah merancang adanya paket wisata sejarah dan budaya menggunakan fasilitas kapal dari Pangkalankerinci menuju Istana Sayap serta Komplek Makam Sultan di Desa Pekan Tua.

Deputi Direktur Riaupulp, Ir Fakhrunnas MA Jabbar menjelaskan pembangunan kembali  Istana Sayap yang menelan biaya lebih dari Rp10 milyar  memang sempat mengalami keterlambatan karena musibah banjir yang menghanyutkan tanah timbun lokasi pembangunan. Di samping itu, akses jalan darat untuk mengangkut bahan-bahan bangunan juga mengalami rusak berat sehingga sulit dilewati. Namun,  komitmen pembangunan situs bersejarah ini tetap dipegang Teguh dan diwujudkan sebagai sumbangan kebudayaan yang besar maknanya bagi semua pihak.

Pihak Riaupulp, kata Fakhrunnas, sebenarnya telah merampungkan pembangunan Istana Sayap dan kawasan sekitar sejak akhir tahun 2006 lalu. Namun, akibat kesibukan semua pihak terkait, proses serah terimanya kepada Pemkab Pelalawan mengalami penundaan. Akibatnya, sebagian bangunan yang sempat ditinggalkan lebih setengah tahun itu perlu dicat ulang dan dibersihkan.

Seluruh bangunan Istana Sayap terbuat dari kayu dan papan yang dilengkapi ukiran-ukiran khas Melayu hampir di semua bagian sisi yang ada. Bangunan Istana Sayap yang dirancang sesuai aslinya atas daya ingat tokoh masyarakat Pelalawan, T Said Umar dan digambar oleh budayawan H Tenas Effendy. Bangunan utama istana dicat berwarna kuning sedang banguna sayap di kiri dan kanan berwarna hijau

Sumber:

www.riaupos.com
Read : 2.120 time(s).

Write your comment !