Thursday, 2 October 2014   |   Thursday, 7 Dzulhijah 1435 H
Online Visitors : 1.176
Today : 5.124
Yesterday : 22.291
Last week : 241.277
Last month : 802.699
You are visitor number 97.181.716
Since 01 Muharam 1428
( January 20, 2007 )
AGENDA
  • No data available

 

News

10 juni 2009 01:41

RRI Gelar Festival Lagu Melayu Tingkat Nasional

RRI Gelar Festival Lagu Melayu Tingkat Nasional

Pekanbaru, Riau - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) menggelar Festival Lagu Melayu tingkat nasional di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu. Direktur Utama LPP RRI, Parni Hadi, pada jumpa pers di Pekanbaru mengatakan, festival tersebut merupakan grand final yang mempertemukan sebanyak 52 penyanyi dari 26 daerah di seluruh Indonesia. "Para penyanyi yang akan tampil pada festival lagu Melayu ini adalah para juara yang sudah disaring di 26 kantor perwakilan RRI di seluruh Indonesia," katanya.

Menurut Parni Hadi, pergelaran tersebut bertujuan untuk mengembangkan kesenian Melayu yang sudah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia. Festival ini sudah digelar RRI sejak 12 tahun lalu. Ia mengatakan, peminat festival tersebut mengalami peningkatan dilihat dari jumlah pesertanya. Sebelumnya, festival lagu Melayu hanya diikuti oleh 15 daerah perwakilan, namun tahun ini melonjak jadi 26 perwakilan. "Secara kuantitas, festival ini mengalami peningkatan. Namun, untuk melihat peningkatan kualitasnya, kita tentu memerlukan kajian terlebih dulu," ujarnya.

Ia menjelaskan, pagelaran budaya itu akan digelar selama dua hari mulai tanggal 7 hingga 8 Juni 2009. Festival dipusatkan di Jalan Cut Nyak Dien, dan pembukaannya direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Ia menambahkan, para peserta diberi kebebasan untuk memilih 24 lagu Melayu yang sudah disiapkan, seperti tembang Lancang Kuning, Hitam Manis dan Makan Sirih.

Dewan juri terdiri dari tiga juri nasional dan seorang juri dari tingkat lokal. Direncanakan, pemenang festival lagu Melayu akan diikutkan dalam festival serupa di tingkat regional Asia Tenggara. "Kami berkomitmen untuk terus mengevaluasi festival lagu Melayu, dan diharapkan pada tahun-tahun yang akan datang akan lahir para seniman nasional dari acara ini," katanya. (kom)

Sumber: http://oase.kompas.com
Kredit Foto: http://nofisastera.wordpress.com


Read : 2.237 time(s).

Write your comment !